Sistem Pendidikan di Tahun III

Tahun III perkuliahan tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tetap dengan sistem yang sama! Sistem kepengajaran dan sistem evaluasi yang kurang sesuai dengan tuntutan zaman.

Sistem pendidikan seharusnya menghasilkan tenaga-tenaga ahli sesuai di bidangnya. Seorang mahasiswa yang menempuh pendidikan kedokteran ketika lulus haruslah ahli di bidang kedokteran. Seorang mahasiswa yang kuliah di jurusan elektronika ketika lulus haruslah ahli di bidang elektonika. Tidak menafikan peran mahasiswa dan pengajar/dosen dalam keberhasilan proses ini juga dibutuhkan. Tetapi mahasiswa hanyalah sebagai salah satu variabel dalam sistem pendidikan ini.

Sistem pendidikan mencakup kualitas mahasiswa sebagai input, pengajar sebagai fasilitator, sistem kepengajaran dan sistem evaluasi. Sebagai satu kesatuan sistem pendidikan, variabel di atas saling mempengaruhi satu sama lain. Variabel pengajar, sistem kepengajaran dan sistem evaluasi inilah yang berperan besar dalam mencetak mahasiswa sebagai tenaga-tenaga ahli di bidangnya. Ibarat sistem produksi, mahasiswa sebagai bahan mentah, sistem kepengajaran dan sistem evaluasi sebagai mesin dan pengajar sebagai operator mesin. Output produk tersebut tergantung dari bermacam proses yang dilewati dalam sistem produksi tersebut.

Membaca realitas yang terjadi di masyarakat ini, khususnya di kampus kami sendiri, kualitas mahasiswa sebagai input tidak begitu tidak sebagus yang kami harapkan sebagai layaknya mahasiswa, sistem kepengajaran yang monoton; pemaparan, sekedara penambah wawasan, tidak berorientasi pada proses pemahaman, logika umum, prinsip-prinsip universal, mana yang benar dan yang salah , sistem evaluasi yang hanya berorientasi pada hafalan terhadap apa yang telah diberikan, dan pengajar pun terkesan angin-anginan atau tidak memiliki dedikasi untuk mati-matian mencetak mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa sebagai tenaga-tenaga ahli di bidangnya.

Tulisan ini hanya bersifat kritik, tidak ada maksud untuk menjatuhkan pihak-pihak tertentu. Dengan kritik ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan kepekaan kita terhadap kondisi di sekitar kita dan membawa perubahan positif ke depannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s