Didengar dan Mendengar

Berawal dari percakapanku dengan seorang yg kuanggap sebagai teman dekat…

Sebenarnya setiap manusia mempunyai kebutuhan untuk didengarkan, untuk diperhatikan oleh yang lain. Manusia mana sih yg g ingin didengar? manusia mana yang g ingin diperhatikan? sekalipun seorang yang tertutup sekalipun/introvert pasti memiliki pelampiasan agar dia “merasa didengar”, entah melalui jejaring media sosial, melalui tindakan-tindakan yang menarik perhatian, dsb. Manusia juga makhluk sosial.
Tetapi akan menjadi permasalahan jika setiap manusia hanya ingin didengar saja tanpa mendengarkan manusia lain. Mari sejenak bayangkan, setiap dari kita tidak ingin mendengar dan hanya ingin didengar, apa yang terjadi? “hening” masing-masing dari kita akan menjadi pribadi egois, memikirkan diri kita sendiri, dan tak peduli apa yg disampaikan oleh orang lain. Asal kita nyaman dengan diri kita dan tidak peduli apa orang lain nyaman atau tidak, life must go on. i dont care about the people.
Memang semuanya harus seimbang, ketika kita ingin didengar, maka belajarlah menjadi pendengar yang baik, kita juga dapat belajar dari “curhatan” orang lain juga. kita dapat mengambil hikmah dari itu. dengan mendengar dan didengar akan tercipta keharmonisan, tidak ada keegoisan dalam bersikap, saling memahami satu sama lain, saling empati satu sama lain, saling bahu membahu dalam mengatasi permasalahan. Dan sikap ini harusnya diterapkan pada semua orang tanpa terkceuali. Bukan berarti jika kita termasuk dalam suatu organisasi/kelompok tertentu, kita hanya “mendengar dan didengar” hanya dalam lingkungan organisasi tersebut. Hey, dunia ini luas! Open your eyes!
Jangan bersikap egois, arogan dan sikap2 yg tidak membangun pribadi sama sekali.

Mulailah belajar untuk saling empati.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s