Jalur Sepeda?

(saatnya menulis agak berbobot)
Jalur sepeda? Sudah lama saya ingin mengulas dan sharing dengan pembaca mengenai kebermanfaatan jalur sepeda yang baru-baru ini (sebenernya udah agak lama) dibikin di jalan2 protokol di Kota Surabaya.

Saya selalu mengamati, penggunaan jalur sepeda tersebut setiap berangkat kuliah pagi/siang hari dan pulang kuliah sore/malam hari. Dan apa hasil pengamatan saya selama beberapa minggu?? Sebenarnya itu jalur sepeda apa lahan khusus buat parkir sih? atau tempat khusus buat ngetem bemo/angkot? atau tempat mangkal becak? (buktinya belum sempat diambil nih)

so, apa masih pantas disebut jalur sepeda? (apa sih istilah kerennya?)
memang agak miris. menurut hemat saya, g usah deh dibuat jalur sepeda itu dulu, toh penggunaannya juga g maksimal, banyak mudhorotnya. Memang sih, tiap hari minggu pagi jalurnya digunakan bwt warga kota memacu sepedanya masing-masing (soalnya ada momen car free day)

g afdol donk kalo cuman bisa kritik tapi g kasih masukan.
ini cuman sekedar masukan sih buat jajaran penguasa Kota Surabaya. Kita kan sama-sama tau kalo cuaca Kota Surabaya tuh panasnya g kenal status jabatan. Siapapun pasti setuju kalo Kota Surabaya adalah Kota paling hot. Lantas siapa yang mau bersepada di terik siang, di bawah mataharinya Kota Surabaya (serasa Kota Surabaya punya matahari sendiri, paling puanas lagi).
Kedua nih, tuh masalah parkir liar, bemo ngetem, becak ngetem, dibetulin dulu.. ditertibkan dulu.. percuma donk kalo ada jalur khusus sepeda tapi dibuat parkir mobil, trus sepedanya mo lewat mana? lewat di atas mobil yang parkir?? dibenahi dulu itu masalah parkir liar dkk nya..
Ketiga nih, masalah habit warga Kota Surabaya tuh udah terlanjut cinta ama yg namanya motor, mobil, dkk.. so, susah banget ngubah habit dari berkendaraan menjadi bersepeda. lah wong naek motor lebih praktis, efisien, efektif, ngapain susah2 harus bersepeda ke tempat kerja, ke pusat perbelanjaan, ke pusat hiburan, ke taman kota, dsb? dibenahi dulu itu sistem transportasi massalnya..
Keempat, polusi udara!! hampir tiap hari dan makin lama, warga Kota Surabaya yang pake masker semakin banyak deh.. terutama para rider tuh.. secara g langsung itu mengindikasikan bahwa udara di Kota Surabaya tidak bersahabat dengan para rider apalagi biker??..

Trus gmn nih solusinya???
Masalah cuaca panas, itu sih masalah kompleks, tapi bisa dikurangi dengan penghijauan.. banyak-banyak deh ditanam pohon yang gede2 di sepanjang jalan protokol Kota Surabaya. Kalo pernah lewat jalan Walikota Mustajab, pasti pernah ngerasain gmn ademnya hawa disitu. Seandainya semua jalan protokol seperti jalan Walikota Mustajab..
Masalah parkir liar cukup rumit, pemerintah kudu nyediakan tempat parkir terpusat, konsekuensinya pengendara mobil harus mau turun agak jauh dari tempat tujuannya (akhirnya butuh jalan kaki), so bagi pemilik mobil yang manja, agak susah deh nerapin aturan ini. Maunya turun langsung didepan pintu masuk kantornya. Selain itu, parkir terpusat pasti butuh lahan yg tidak sempit. So pasti ada penggusuran lagi. wah urusannya jadi panjang nih.. cukup sekian.. heheh
Masalah habit itu urusan pribadi bung.. gmn ya cara ngubahnya?? seharusnya bisa diubah sedikit demi sedikit dengan sistem transportasi yang justru merepotkan para rider dan driver. gedein tuh pajak kendaraan pribadi, pembenahan trayek angkutan umum, tarif angkot yang lebih murah, optimalkan angkutan feeder. wah bisa bisa nyinggung ke tata guna lahan nih,, kalau tata guna lahannya udah kacau agak susah juga ngatur sistem transportasi…
Masalah keempat akan sendiri nya teratasi jika ketiga masalah sebelumnya teratasi.

#gila, encer banget otak gua malam ini…
##coba suruh nulis pembahasan tugas akhir, pasti stuck lagi.. hahah

Someday, I will be GOOD ENOUGH!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s