Pledoi

tulisan ini dibuat karena ingin meluruskan apa yang seharusnya lurus.
hahahah..

Saya adalah orang yang cenderung bertipe konseptual. Tentu saja, saya adalah seorang planner. mana mungkin seorang planner tanpa kemampuan konseptual. menurut saya pribadi, seorang planner tidak hanya dituntut berkemampuan konseptual saja melainkan juga maanjerial. jika anda berpendapat bahwa saya tidak mempunyai skill manajerial, anda tidak sepenuhnya benar. dan jika anda mengambil keputusan berpijak pendapat anda tersebut, maka dipastikan keputusan yang anda ambil akan salah.

Mungkin bagi anda yang belum terlalu mengenal saya, anda akan berpikir bahwa saya adalah orang yang ribet, ingin ini ingin itu, melakukan banyak aktivitas dalam sekali waktu, dan akhirnya tidak dapat fokus sama aktivitasnya. Iya pendapat anda memang benar (tetapi tidak sepenuhnya benar). Anda belum mengerti apa motiv dibalik semua aktivitas yang saya kerjakan. Mengapa saya ingin mengerjakan ini dan itu. Mengapa saya rela membuang waktu (dilihat dari sudut pandang Anda sebagai pengamat). Semuanya tidak terlepas dari tujuan saya untuk menjadi seorang planner.

Anda mungkin berpikir bahwa seluruh aktivitas yang saya lakukan tidaklah berujung maksimal, namun sebenarnya bukan itu tujuan saya. Tujuan saya terletak di prosesnya! Saya memilih banyak kegiatan (kuliah, bisnis, kompetisi, dsb) karena ingin belajar manajemen. Saya ingin terlibat langsung dalam proses belajar manajemen tanpa harus belajar teori-teori yang bersifat teoritis saja. Jika anda setidaknya lebih bersabar dalam mengambil kesimpulan dan memberi saya waktu, mungkin anda akan jauh lebih mengenal siapa saya. Justru semua ini saya lakukan semata-mata untuk mengasah skill manajerial saya. Saya sadar bahwa manajemen itu penting dalam segala bidang dan saya harus memiliki kemampuan itu!

Apakah setalah itu, anda juga berpendapat bahwa saya kurang begitu aktif dalam mengambil peran di kantor tempat saya bernaung? Pertama-tama, tolong anda lihat bagaimana konteks kantor saya dan kantor anda, sama ataukah berbeda? apa yang anda maksud dengan kurang aktif mengambil peran disini? Sorry to say, bahwa kantor saya mungkin bisa dikatakan lebih mapan daripada kantor anda. kantor saya tidak lagi terlalu membutuhkan tenaga saya dan teman2 yang memang tidak berkarir di bidang perkantoran. kami diberi kebebasan untuk belajar mengembangkan karir masing-masing. itu yang harusnya anda ketahui. justru kami didorong untuk berkompetisi di bidang karir masing-masing tanpa harus dituntut berperan di bidang perkantoran. Itu adalah peran saya dan kami! Apakah anda berpikir bahwa peran hanyalah yang berhubungan dengan urusan kantor?

Oke, terkadang saya cepat mengambil kesimpulan dalam berbicara. bahasa kerennya, lidah saya lebih cepat daripada pikiran saya. saya akui kadang saya mengalami hal seperti itu. saya tahu bahwa kebiasaan tersebut harus diubah. memang kadang saya terlalu mengandalkan intuisi yang belum tentu 100% benar dan perlu dibuktikan kebenarannya. namun terkadang anda atau orang lain memandang bahwa saya terlalu cepat mengambil kesimpulan. sejujurnya itu hanyalah hipotesa dan saya sangat terbuka terhadap kritik dan masukan dari anda.

Sekian tulisan singkat saya, semoga mampu meluruskan apa yang seharusnya lurus.
Terima kasih.

Leave a Reply

