Mengumpulkan Potongan-Potongan Puzzle Tugas Akhir (2)

Yak.. ini adalah bagian kedua dari kisah perjalanan menuju kelulusan strata 1.

Bagian pertama tulisan ini sudah dipublish sekitar 6-7 bulan yang lalu.. (lama banget!!) Tim produksi tulisan ini tidak mau kalah dengan lamanya produksi film-film franchise kayak fast to furious 6 yg baru-baru ini rilis.

Ok back to the topic.

Ternyata perjalanan berat menyelesaikan tugas akhir berlanjut di semester berikutnya. Dengan bekal komentar, saran, bimbingan dosen penguji di semester sebelumnya, kami (saya dan dosen pembimbing) mengutak-atik kembali metode analisa pada penelitian ini. Kesimpulannya kami menggunakan analisis deskriptif -> analisis regresi -> analisis korespondensi. Eng ing eng.. tiba waktunya “judgement day”. Tidak disangka terdapat satu dosen penguji baru. Komposisi baru. Formasi baru. hahaha… Dosen barunya itu masih fresh from the oven, eits, maksudnya fresh graduate program doktoral jebolan universitas di melbie, aussie (lupa nama univ nya). Katanya para senior, dosen ini termasuk killer. Ah, sejenak saya lupakan pikiran-pikiran negatif dan mempresentasikan hasil penelitian saya di depan kedua dosen penguji.

Seperti kebiasaan saya sebelumnya, ternyata saya berdebat dengan dosen penguji yg lama. Tidak cukup itu, sy juga berdebat dengan doktor dari melbie tentang alat analisis. bla bla bla bla…. (sempat melakukan skak mat ke dosen penguji (hahaha…))…

menunggu hasil sidang……………………

Ternyata hasil sidang tidak cukup memuaskan meskipun lolos ke sidang ketiga dengan syarat banyak revisi di bagian metode!

Belajar dari pengalaman-pengalaman lalu, akhirnya sy melakukan asistensi ke dosen penguji untuk pertama kalinya. Meskipun kedua dosen penguji memberikan saran yg berbeda, sy cenderung mengikuti saran dosen doktor tersebut. Singkat cerita dengan pede sy mempresentasikan hasil revisi di sidang ketiga dan ternyata formasi dosen pengujinya berubah lagi. Dosen penguji yg mengikuti saya dari awal sidang 1 tidak lagi mengikuti di sidang akhir ini (syukurlah).. hahaha.. Pada sidang akhir ini juga mendatangkan penguji eksternal dari jurusan statistik.. (berasa keren gitu diuji dosen statistik).. Finally, alhamdulillah sy dinyatakan lulus dengan syarat revisi minor. hip hip hurray, hip hip hurray.. sebenarnya kalau g direvisi sih gpp, asal g ketauan. Pokoknya ngumpulkan persyaratan kelulusan aja. Namun, karena terbawa euforia kemenangan (hahaha..), revisinya tetep sy kerjakan donk sebagai mahasiswa yg bertanggung jawab.

Perjuangan kelulusan tidak sampai disini! Untuk dinyatakan lulus, ternyata kami, mahasiswa harus melengkapi berkas-berkas administrasi yang ribet. Dari dulu ya urusan birokrasi mesti ribet dengan tetek bengeknya. Kami harus berlari kesana kemari dari bukit shafa ke bukit marwah, serasa musim haji nih… Setelah berjuang menembus ketatnya birokrasi yang tidak kalah ketat dengan outfit superman, kami akhirnya dapat mengikuti wisuda di graha kampus tercinta tanggal 17 Maret 2013. Kala itu, hadir seseorang yg pernah menjadi “the spesial one” menyaksikan sy mengenakan pakaian toga. Setelah proses wisuda, kami menghabiskan waktu berdua.. duh senengnya.. #sensor

Euforia kesenangan udah g bertahan lama, setelah itu kita semua bingung cari kerjaan. Unutung saat itu, sy sibuk mengerjakan PKM (loh padahal kan udah lulus?) bekal sy sebelum lulus. Jadi ceritanya, sebelum lulus saya mengajukan proposal PKM tentang penelitian akhir ini. Siapa tahu kalau didanai, dana nya bisa dibuat semacam uang pesangon gitu. Alhamdulillah, sy dapat pesangon 18 juta. hahahaa… Sambil mengerjakan PKM, eh tiba2 hape sy berdering dan ternyata suara dosen doktor kemarin-kemarin yg berada di seberang sana menawari sy pekerjaan proyek di kalimantan. Syukur alhamdulillah pake banget deh.. tanpa pikir panjang, sy langsung iyakan saja.. dan akhirnya sampai sekarang sy masih proyekan dengan dosen tersebut..

apa kira2 hikmah yang bisa diambil ya?

“bersikaplah keren di depan dosen penguji”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s