Bukan lagi hanya Si Komo yang lewat, tetapi Si Komo dan Keluarga Besar yang lewat

Yap, macet dan macet dan macet dan macet…. adalah permasalahan sehari-hari yang pasti kita temui di kota-kota metropolitan di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Surabaya (sepanjang pengetahuanku).

Ada sebuah dilema antara menyediakan angkutan massal yang nyaman, aman, cepat dengan penerimaan pajak kendaraan bermotor yang setiap tahun cenderung bertambah banyak. Di sini sy tidak menampilkan data pertumbuhan kendaraan bermotor. Namun dengan asumsi pertumbuhan penduduk yang positif, pertumbuhan ekonomi yang positif, kemudahan mengangsur kendaraan bermotor, menjadikan kepemilikan kendaraan bermotor, khususnya sepeda motor terus melonjak dari tahun ke tahun. Pertambahan jumlah kendaraan ini tentu akan menjadi sumber pendapatan pajak Pemerintah Daerah. Selain itu, pertambahan jumlah kendaraan yang lalu lalang dijalan raya setiap harinya akan menambah volume kendaraan dan polusi-polusi yang ditimbulkannya.

Berapa sih cost dan benefit antara mengurangi jumlah kendaraan bermotor (dgn berbagai disinsentif) yang berpotensi menurunkan penerimaan pajak kendaraan bermotor dengan kemacetan, polusi yang ditimbulkan oleh pertambahaan kendaraan bermotor? Aku rasa, permasalahan kemacetan tidak hanya terletak pada pemerintah kurang sigap atau kurang memberikan solusi, namun juga menyangkut permasalahan penerimaan pajak. Bayangkan saja jika jumlah kendaraan menurun drastis karena masyarakat lebih memilih angkutan massal, maka jumlah penerimaan pajak kendaraan bermotor juga akan turut mengikuti pergerakan jumlah kendaraan.

Entahlah, ini adalah salah satu pendapat diantara sekian ribu pendapat yang merasa bosan dengan Si Komo dan keluarga besarnya lewat seenaknya di jalan raya kota-kota metropolitan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s