Untittled

Hemm, rasanya ingin menumpahkan seluruh pikiran yang melayang-layang di kepalaku selama beberapa hari terakhir ini. Seperti pada tulisanku sebelumnya, menulis adalah cara jitu menyalurkan beban. Hahaha..

Sempat terbesit dalam pikirku jika aku ini seorang pengecut. Seorang yang tidak mampu menghadapi kenyataan hidup (hiperbola). Namun, bagian lain dari diriku berusaha membela bahwa aku tidak ingin mengulangi kesalahan, kebodohan yang telah kulakukan di masa lalu. Biarlah aku dikatakan pengecut, asal aku tidak melakukan hal yang dapat merusak hidupku dan hidup orang lain. Pikiran ini menggelayutiku setiap saat, pikiran yang seharusnya ditumpahkan untuk pekerjaan, banyak teralihkan kepada perasaan yang pelik ini.

Aku jadi teringat buku yang telah ku baca beberapa waktu lalu di Kota Minyak, Balikpapan. Buku yang mengajari bagaimana mengendalikan emosi khususnya emosi negatif. Emosi tidak dapat dihilangkan atau ditekan. Emosi harus disalurkan pada tempatnya. Aku mengambil kesimpulan bahwa aku harus ikhlas terhadap apa yang telah terjadi di masa lalu-ku, sehingga pikiran itu tidak terus membayangiku sepanjang waktu.

Beberapa hari yg lalu, diadakan sebuah diskusi di kalangan teman2ku bertemakan “Bekerja secara Profesional”. Ya, itu seharusnya. Sebelum adanya tema diskusi tersebut, aku sudah berusaha bekerja secara profesional dalam pemaknaanku sendiri. Bekerja secara profesional memang tidak semudah yang aku bayangkan. Awalnya memang terasa ringan, hal ini tidak terlepas dari partner kerja yang mendukung untuk berusaha memberikan yang terbaik untuk pekerjaan. Memang tidak ada masalah dengna partner kerjaku saat ini yang notabene beda orang dengan partnerku yang pertama. Secara semangat kerja pun tidak kalah kurasa. Bisa dikatakan yg satu ini lebih rajin dan ter-manage dengan baik pekerjaannya. Apa mungkin karena perbedaan faktor lawan jenis? Ah, aku belum membaca/menemukan studi terkait tentang itu. Who knows?

Mungkin inilah, salah satu tantangannya untuk bekerja secara profesional………

Leave a Reply

